Jumat, 10 Maret 2017

Tutorial Membuat Ruangan Kerja Pada Aplikasi Blender



Blender
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat legal. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film, animasi, efek visual, model cetal 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Keunggulan Blender diantaranya:

1.    Arsitektur 3D yang berkualitas

2.    File berukuran kecil

3.    Freeware

4.    Open Source

5.    Bisa digunakan disemua platform yang memiliki spesifikasi cukup

6.    Tool untuk membuat objek 3D lengkap

7.    GUI yang rapih dan user friendly


Saya akan membuat sebuah tutorial animasi dengan tema ruang kerja. Letak animasi di tutorial kali ini adalah saat sebuah kipas angin bergerak berputar-putar seperti baling-baling. Pertama-tama saya akan membuat dinding ruangan kerja.

Klik icon Blender pada desktop. Pertama-tama, untuk mengaktifkan numpad maka klik File > User Preference > pilih Menu Input > klik Emulate Numpad sehingga terdapat tanda ceklis.

Tekan tombol N, kemudian ceklis pilihan ‘Lock Camera to View’.
Hapus objek cube yang ada dengan menekan tombol X atau ‘del’.

Membuat dinding ruang kerja:
Saat membuka blender sudah tersedia objek berupa cube:
 


Tekan Tab sehingga kita akan masuk ke Edit Mode. Lalu kita akan menghapus beberapa sisi dari cube dengan menekan tombol x (delete) lalu pilih faces. 

 
Kita akan memberikan texture pada objek ini agar terlihat seperti ruangan kerja. Pilih menu Material yang ada di sebelah kanan >> klik New >> ke menu Texture >> klik New >>  ganti Type menjadi ‘Image or Movie’ >> pilih Open untuk memilih gambar yang akan dimasukkan.
  


Nanti akan tampil gambar yang telah dipilih pada Preview.


Atur ‘Image Mapping’ dan ubah dengan ketentuan berikut:
Coordinates  : Generated
Projection      : Cube

  


Output dinding saat dirender:


Membuat lantai
Selanjutnya akan dibuat latar belakang (background) menggunakan objek dasar dari plane. Pada Object Mode tekan Shift + A >> pilih Mesh >> plane.


Maka akan tampil sebuah objek plane seperti ini:


Posisikan objek plane dibawah dinding yang sudah kita buat, agar membentuk seperti lantai ruang kerja.


Langkah selanjutnya kita akan memberikan texture pada objek plane ini agar terlihat seperti lantai pada ruang kerja. Pilih menu Material yang ada di sebelah kanan >> klik New >> ke menu Texture >> klik New >>  ganti Type menjadi ‘Image or Movie’ >> pilih Open untuk memilih gambar yang akan dimasukkan. Nanti akan tampil gambar pada Preview.
  

Berikut tampilan gambar yang dipilih pada Preview


Output lantai saat dirender:


 
Membuat meja
pada objek mode tekan tombol shift+a >> mesh >> cube. Pindah ke edit mode, atur ukuran objek menggunakan tombol s (scale). Buat menjadi pipih dengan mengkombinasikan tombol s + z, kemudian lebarkan dengan tombol s + y. Jika sudah kita akan membuat segmen dengan menekan ctrl+r searah horizontal maupun vertikal.
   


Pada faces select, kita pilih beberapa bagian kotak seperti dibawah untuk dijadikan kaki meja. Tekan e (extrude) dan tarik kearah bawah sehingga membentuk sebuah kaki meja.

 
Lalu kita buat sebuah pijakan kaki caranya tekan ctrl+r buat beberapa segmen, setelah itu seleksi beberapa bagian kotak dan tekan e untuk mengextrude. Berilah warna sesuai dengan keinginan anda pilih menu properties dengan nama material lalu pilih new dan pilih warna pada diffuse. Tambahkan modifier pada menu modifier pilih subdivision surfaces agar gambar objek lebih halus.


 Membuat kursi
Pertama buat objek baru berbentuk cube, bentuk objek ini menjadi kubus yang pipih. Setelah itu ke edit mode berikan segmen dengan menekan tombol ctrl+r, pada faces select seleksi beberapa bagian kemudian tekan e untuk mengextrude.
 


Dan tidak lupa untuk menambahkan modifier dan warna, caranya ke menu modifier pilih smooth, material new >> diffuse >> warna


Membuat lemari
pada objek mode tekan tombol shift+a >> mesh >> cube. Pindah ke edit mode, atur ukuran objek menggunakan tombol s (scale). Buat menjadi panjang dengan mengkombinasikan tombol s + z. Jika sudah kita akan membuat segmen dengan menekan ctrl+r searah horizontal maupun vertikal.

Pada faces select, kita pilih beberapa bagian kotak seperti dibawah untuk dijadikan ruang kosong yang memiliki 3 sekat. Tekan e (extrude) dan tarik kearah dalam sehingga membentuk sebuah lemari.

Membuat buku
Untuk membuat buku saya menggunakan objek cube. Setelah di atur ukurannya pada edit mode kemudian diberi segmen menggunanakan ctrl + r. Tarik vertex yang ada sampai membentuk sebuah buku. Seleksi beberapa face lalu tekan w pilih subdivide.


 
Setelah itu tekan shift+d untuk memperbanyak/menduplikasi objek buku yg dibuat, dan jangan lupa kita beri warna sesuai keinginan.

Membuat gucci
Untuk membuat gucci saya menggunakan objek cylinder. Setelah di atur ukurannya pada edit mode kemudian diberi segmen menggunanakan ctrl + r. Desain sebisa mungkin membentuk sebuah guci, lalu kita ke menu Modifiers >> pilih subdivision surface naikkan view menjadi 3 dan render menjadi 2.



Membuat komputer, keyboard, dan mouse
Saya menggunakan objek dasar cube untuk membuat komputer. Pertama-tama saya pipihkan kubus, lalu masuk ke Edit Mode dan tekan ctrl + r untuk memberikan segmen. Desain komputer sesuai yang diinginkan. Berikan modifier Subdivision Surface.
Buat pula keyboard beserta mousenya menggunakan cube lalu bentuk seperti gambar di bawah:

Membuat lukisan
Pertama-tama tambahkan objek plane, lalu besarkan ukuran plane dengan perintah s(scale), kemudian masuk ke edit mode >> beri masing-masing segmen horizontal maupun vertikal, buat 2 material yang satu dikasih texture image or movie dan satu lagi diberi warna.

Membuat kipas angin
Dalam pembuatan kipas angin objek yang kita gunakan adalah cone, lalu bentuk ukuran cone lebih besar, kemudian masuk ke edit mode tekan ctrl+r, pilih menu vertex turunkan ujung cone agar berbentuk seperti payung, lalu pilih menu faces sesuaikan segmen agar dapat dihapus dan membetuk sebuah baling-baling, kemudian tambahkan cylinder untuk dijadikan pangkalnya, untuk menggabungkan kedua objek tadi menjadi satu caranya dengan mengklik kedua objek lalu pilih Join yang ada pada Tools Edit, hasilnya seperti dibawah ini:

Selanjutnya tambahkan lagi cylinder untuk pegangan kipas pada atap, buat ukuran cylinder menjadi kecil namun agak sedikit panjang.



Menggerakkan Objek
Untuk membuat animasi dari objek yang telah dibuat, kita menggunakan komponen timeline dan keyframe. Pertama-tama putarkan kipasnya pada frame 0 dengan menekan R + Z, lalu tekan I dan pilih LocRot. Lakukan juga pada frame 20, 40, 60,...dst hingga frame 200.






Untuk mengkonvert animasi ke dalam bentuk video caranya dengan memilih menu Render yang ada pada properties >> lihat menutab Output >> klik tanda folder untuk menentukan dimana tempat penyimpanan video. Disini saya menyimpan pada desktop >> ganti format penyimpanan dengan ‘AVI JPEG’ seperti gambar berikut:




Output akhir saat dirender:


1 komentar: